Agar
supaya berhasil dalam persaingan perusahaan harus bergerak dari
filosofi produk dan penjualan menuju filosofi pelanggan dan pemasaran.
Pemasaran relational dengan pelanggan
Pemasaran
relational merupakan proses membentuk,mempertahankan dan meningkatkan
relasi yang kuat, yang penuh nilai dengan para pelanggan dan para
pemegang saham.
Kehilangan
satu pelanggan berarti kehilangan keseluruhan arus pembelian yang akan
dilakukan oleh pelanggan tersebut selama dia menjadi pelanggan.
Menarik,mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan
Kunci
untuk membangun hubungan jangka panjang adalah menciptakan nilai dan
kepuasan pelanggan yang unggul. Pelanggan yang puas akan cenderung
memberikan perusahaan pangsa yang lebih besar.
Unsur-unsur Penting Pembentukan Relasi:
1. Nilai pelanggan.
2. Kepuasan pelanggan.
3. Kesetiaan pelanggan dan usaha mempertahankan pelanggan.
4. Meningkatkan “Pangsa Pelanggan”.
Membangun hubungan pelanggan yang langgeng
1. Tingkatkan dan alat hubungan pelanggan.
2. Hubungan dasar .
3. Kemitraan penuh.
4. Manfaat keuangan bisa dilakukan dengan frekuensi pemasaran program.
5. Memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan.
6. Rental nilai perusahaan .
7. Jaringan pemberian nilai pelanggan.
8. Pemasaran kualitas total.
STRATEGI PEMASARAN UNTUK BERSAING
Tahap 1. Analisis pesaing
Tahap 2. Mengembangkan strategi pemasaran untuk bersaing
Analisis pesaing
1. Mengidentifikasi pesaing
2. Mengkaji para pesaing
3. Memilih pesaing untuk diserang atau dihindari
Strategi persaingan
1. Strategi Persaingan Dasar
2. Posisi Persaingan
MENYEIMBANGKAN ORIENTASI PADA PELANGGAN DAN ORIENTASI PARA PESAING
Berpusat pada pelanggan:
Tidak : Orientasi pada produk dan Orientasi pada pesaing.
Ya : Orientasi pada pelanggan dan orientasi pada pasar.
Perusahaan yang terpusat pada persaing
Perusahaan yang langkah-langkahnya didasarkan pada tindakan dan reaksi pelanggan.
Perusahaan yang berpusat pada pelanggan
Perusahaan
yang berfokus pada pengembangan pelanggan ketika merancang strategi
pemasaran dan menyampaikan nilai yang unggul kepada pelanggan sasaran.
Perusahaan yang berpusat pada pasar
Perusahaan
yang memberikan perhatian yang berimbang baik kepada para pelanggan
maupun pesaing dalam mendesain strategi pemasaranny
Tidak ada komentar:
Posting Komentar