Jumat, 20 Juli 2012

STRATEGI PERSAINGAN : MENARIK, MEMPERTAHANKAN DAN MENUMBUHKAN PELANGGAN

Agar supaya berhasil dalam persaingan perusahaan harus bergerak dari filosofi produk dan penjualan menuju filosofi pelanggan dan pemasaran.


Pemasaran relational dengan pelanggan
Pemasaran relational merupakan proses membentuk,mempertahankan dan meningkatkan relasi yang kuat, yang penuh nilai dengan para pelanggan dan para pemegang saham.
Kehilangan satu pelanggan berarti kehilangan keseluruhan arus pembelian yang akan dilakukan oleh pelanggan tersebut selama dia menjadi pelanggan.

Menarik,mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan
Kunci untuk membangun hubungan jangka panjang adalah menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Pelanggan yang puas akan cenderung memberikan perusahaan pangsa yang lebih besar.

Unsur-unsur Penting Pembentukan Relasi:
1.      Nilai pelanggan.
2.      Kepuasan pelanggan.
3.      Kesetiaan pelanggan dan usaha mempertahankan pelanggan.
4.      Meningkatkan “Pangsa Pelanggan”.

Membangun hubungan pelanggan yang langgeng
1.      Tingkatkan dan alat hubungan pelanggan.
2.      Hubungan dasar .
3.      Kemitraan penuh.
4.      Manfaat keuangan bisa dilakukan dengan frekuensi pemasaran program.
5.      Memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan.
6.      Rental nilai perusahaan .
7.      Jaringan pemberian nilai pelanggan.
8.      Pemasaran kualitas total.
 
STRATEGI PEMASARAN UNTUK BERSAING
Tahap 1. Analisis pesaing
Tahap 2. Mengembangkan strategi pemasaran untuk bersaing
Analisis pesaing
1.      Mengidentifikasi pesaing
2.      Mengkaji para pesaing
3.      Memilih pesaing untuk diserang atau dihindari
Strategi persaingan
1.      Strategi Persaingan Dasar
2.      Posisi Persaingan

MENYEIMBANGKAN ORIENTASI PADA PELANGGAN DAN ORIENTASI PARA PESAING

Berpusat pada pelanggan:
Tidak   : Orientasi pada produk dan Orientasi pada pesaing.
Ya       : Orientasi pada pelanggan dan orientasi pada pasar.

Perusahaan yang terpusat pada persaing
Perusahaan yang langkah-langkahnya didasarkan pada tindakan dan reaksi pelanggan.

Perusahaan yang berpusat pada pelanggan
Perusahaan yang berfokus pada pengembangan pelanggan ketika merancang strategi pemasaran dan menyampaikan nilai yang unggul kepada pelanggan sasaran.

Perusahaan yang berpusat pada pasar
Perusahaan yang memberikan perhatian yang berimbang baik kepada para pelanggan maupun pesaing dalam mendesain strategi pemasaranny


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar